Komunitas Kristen Indonesia di Kuwait



Finally keinginan berkarlota muncul lagi. Berhubung segala bentuk rencana jalan-jalan di postpone. Maka dengan ini, saya selaku pemilik Blog wajib bercerita mengenai apa aja yang penting berguna, informatif dan gak 100% curhat. Ahahaha.

Tidak terasa, musim dingin telah usai dan saatnya menyiapkan hati untuk MENIKMATI, yah sekali lagi saya katakan MENIKMATI indahnya musim panas di Kuwait. Well, ini menjadi musim panas kedua saya di negeri ini. Sungguh menyenangkan dan betapa luar biasanya karena ternyata sudah hampir 1,5 tahun merantau kok malah keasikan pengen stay lama di negeri ini, padahal awal awal merantau berasa gimanaa gitu. 



Bukan tanpa alasan juga kenapa saya senang tinggal disini sampai saat ini. Selalu ada sebab - akibat kan? Nah, begini ceritanya.. check it out!


Persatuan Masyarakat Kristen Indonesia di Kuwait

Akhir tahun 2015, akhirnya saya memutuskan untuk meninggalkan Indonesia berhubung suami saya kerja di Kuwait. Hal pertama sebelum saya meninggalkan Indonesia, dan pertanyaan yang paling pertama muncul di otak ini adalah apakah di Kuwait ada tempat ibadah? Apakah disana ada komunitas Kristen? dan jawabannya YESS ADA dong!

Dan taraaaaaa, pertama sekali bergabung itu masih ingat banget pada saat malam pergantian tahun baru. Nama komunitasnya adalah Persatuan Masyarakat Kristen Indonesia di Kuwait (ICFK) dan saya SAH menjadi anggota ditanggal cantik itu alias 01 Januari 2016. Uyeahh!

ICFK sendiri ternyata udah berdiri lama banget, dari tahun 1993. Jadi awal mula berdirinya karena ada sekelompok perawat kesehatan yang bekerja di Kuwait. Betapa hebatnya, komunitas ini bertumbuh makin besar dengan segudang kegiatan. Sangkin banyaknya kegiatan, jadi berasa di negeri sendiri. Beneran deh! Selama 1,5 tahun ini, berikut kegiatan – kegiatan yang saya lakukan.

1.     ICK (Indonesian Church of Kuwait)

Ibadah gereja dilakukan setiap hari Sabtu 5PM beralamat di Kuwait City tepatnya di dalam komplek Evangelical Church. Kita yang mayoritas Kristen Protestan beribadah di tempat ini. Kegiatan gereja juga gak kalah dari kegiatan gereja kita yang di Indo. Yah kegiatannya kurang lebih sama. Selain ibadah hari Sabtu, kita juga punya agenda rutin setiap bulan baik itu ibadah mingguan, atau bulanan. Acara Paskah, Natal, Tahun baru dsb.  

Acara Natal 2016

Harvest Festival

Angklung Performance at Harvest Festival

Indonesia Food Stand at Harvest Festival

Perayaan Paskah di Ahmadi Park


2.     Kegiatan dalam ICFK

ICFK sendiri terdiri dari berbagai ras, suku, dan budaya. Bener- bener  “unity in diversity”. Suku Batak, Jawa, manado, toraja dll berkumpul disini dan juga terdiri dari Kristen protestan, Katolik dan Advent. Mayoritas anggota bekerja sebagai perawat dan beberapa di bidang lainnya. Yang paling bikin hati saya tenang itu ya itu tu kalau sakit, banyak saudara bagian medis. Hahaha, kalo pengen makan masakan Indo tinggal tunggu panggilan aja, hoho..

ICFK juga bukan komunitas asal ngumpul. Melainkan komunitas yang dirancang sedemikian rupa yang terbentuk dengan visi, misi, anggaran dasar anggaran rumah tangga, komitmen anggota dan yang terutama adalah kepengurusan yang komplit..plit..plit. (apa aja ada).

Saya katakan komplit sih karena sesuai dengan kebutuhan saya secara pribadi. Kebutuhan pribadi ini agak sulit dijelaskan secara detail, berhubung blog ini rencananya pengen informatif bukan ladang curhat. Hahahaha..

Ini beberapa kegiatan yang sudah saya jalani, dan FYI bahwa kegiatan yang saya jalani ini hanyalah secuil dari segudang kegiatannya. Maklum, beberapa kali absen karena keluar Kuwait.
  • Acara Pisah sambut (31 Dec 2015 - 01 Jan 2016 )
    • Diadakan di gurun. Lupa nama lokasinya, tapi yang jelas acara ini semacam kumpul bersama, nginap, ibadah, games, dan makan bersama.

    Pisah sambut 2016-2017
    Pisah Sambut 2015-2016
  • Mengadakan pertemuan bulanan tergantung cuaca.



    • Bisa berupa outing alias mantai, olahraga dan celebrate kalo ada yang ultah di bulan tersebut, atau bisa berupa pertemuan di rumah anggota berdasarkan giliran.
  • Acara Farewell.

  • Make up class

  • Cooking class by Chef handal
  • Dan masih banyak lagi diluar program hehehe..






Comments

Popular posts from this blog

Jalan - Jalan ke Amerika Serikat

Jalan - Jalan Ke Maldives

Jalan- Jalan ke Houston, Texas